Gowa, 1 Juli 2025 – Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) melaksanakan kegiatan Review Kurikulum 2025 pada Selasa (1/7/2025) di Aula Fakultas Tarbiyah.
Kegiatan ini dihadiri oleh para dosen PGMI, pimpinan fakultas, praktisi pendidikan madrasah, alumni, mahasiswa, serta perwakilan stakeholder. Review kurikulum ini bertujuan menyesuaikan rancangan pembelajaran dengan kebijakan nasional, perkembangan IPTEK, dan kebutuhan lapangan kerja guru MI.
Proses review kurikulum dilakukan dengan pendekatan partisipatif. Peserta mendiskusikan struktur mata kuliah, capaian pembelajaran lulusan (CPL), profil lulusan, bahan kajian utama, hingga rancangan proyek-proyek P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) versi madrasah.
Hasil dari kegiatan ini akan dirumuskan dalam dokumen final Kurikulum 2025 Prodi PGMI UINAM. Dokumen tersebut rencananya diajukan untuk pengesahan pada Senat Fakultas sebelum diterapkan pada semester ganjil tahun akademik 2025/2026.
Dengan adanya review ini, Prodi PGMI UIN Alauddin Makassar berharap dapat menghasilkan lulusan guru MI yang berdaya saing, religius, berkarakter, dan adaptif terhadap tantangan abad ke-21.