UIN Alauddin Makassar Berhasil Menjadi Juara Umum Pada Event PINTARMI

  • 15 Desember 2022
  • 12:36 WITA
  • officialPGMI
  • Berita

Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar berhasil meraih gelar juara umum di Pekan Ilmiah Antar Mahasiswa PGMI (PINTARMI) se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Alauddin Makassar.


Event PINTARMI merupakan event terbesar mahasiswa PGMI se-Indonesia dengan menbawa tema "Konstruksi Mental Pendidik Ml di Era Society 5.0".


Event PINTARMI berlangsung selama empat hari (8-11 Desember), dengan menggelar tiga kegiatan besar yaitu Seminar Nasional, Temu Rumbuk dan PGMI Expo serta mengadakan empat jenis lomba di antara nya Karya Tulis Ilmiah, Media Pembelajaran, Debat Ilmiah, Ektrakurikuler (Sempahore, Tilawah, dan Cipta Baca Puisi). 


Lomba ini dihadiri oleh mahasiswa PGMI dari 11 instansi seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri/Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN/PTKI) Yang ada di Indonesia.


Di event ini, UIN Alauddin Makassar sukses keluar sebagai juara umum dengan berhasil menjuarai semua jenis lomba. UIN Alauddin Makassar mengumpulkan enam medali, di antaranya dua medali emas (juara satu), satu medali perak (juara dua), tiga medali perunggu (juara tiga) yang diumumkan di Media Sosial Instagram @pintarmi_2022 pada Selasa, (13/12/2022).


Dengan begitu UIN Alauddin Makassar menjadi juara satu umum disusul oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Fithrah Surabaya dan Insitut Agama Islam (IAIN) Bone sebagai juara dua dan tiga umum.

Fachri Fauzi selaku ketua panitia mengatakan mengaku bangga dan terharu dapat menggelar dengan sukses kegiatan PINTARMI yang merupakan pertama kalinya di PGMI. 


"Mungkin kalau dibilang rasa bangga ya, sampai sampai di akhir kegiatan kami selaku panitia menangis dan terharu bahwa ohh ternyata sudah selesai kegiatan nasional kami,” ucapnya saat diwawancarai pada selasa (13/12/22). 


"Ini juga hadir di PGMI mungkin pertama kalinya bahkan di Indonesia pertama kalinya di adakan seperti ini,” lanjutnya.


Zulfana Zahra yang merupakan peserta dari UIN Alauddin Makassar yang mendapatkan juara satu di lomba Cipta Baca Puisi juga mengungkapkan rasa bahagia nya dan harapan nya untuk Event PINTARMI.


"Alhamdulillah bahagia tentunya dan ada perasaan sedih karena event ini berakhir dan semoga acara PINTARMI ini bisa dilakukan di event selanjutnya tahun depan dan lebih meriah lagi,” ujarnya.