Dr. Rosdiana M. Pd., seorang pendidik berpengalaman dari PRODI PGMI Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, memimpin sebuah pelatihan bagi para calon trainer dalam pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran di tingkat madrasah dengan membekali para guru dengan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi trainer yang efektif.
Pada tanggal 07-10 Oktober 2024, UIN Alauddin Makassar menyelenggarakan pelatihan khusus untuk membekali para calon trainer dalam pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Acara ini dipandu oleh Dr. Rosdiana M. Pd., seorang akademisi terkemuka di bidang pendidikan, yang telah memiliki pengalaman luas dalam melatih para pendidik.
Pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dasar para calon trainer dalam merancang dan menyampaikan materi pelatihan yang relevan dan bermakna bagi guru madrasah ibtidaiyah. Peserta pelatihan termasuk dosen-dosen dan praktisi pendidikan dari berbagai wilayah di Indonesia, yang berbagi antusiasme untuk meningkatkan mutu pendidikan di tingkat madrasah.
Selama tiga hari pelatihan intensif, para peserta dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam merancang kurikulum pelatihan, mengidentifikasi kebutuhan peserta, menggunakan metode pembelajaran yang efektif, dan mengevaluasi hasil pelatihan. Dr. Rosdiana M. Pd. memimpin sesi-sesi pelatihan dengan penuh semangat dan berbagi pengalaman serta tips praktis dari pengalamannya yang luas di bidang pendidikan.
Menanggapi kesempatan ini, salah satu peserta pelatihan, Fitri, mengatakan, "Pelatihan ini memberi saya wawasan baru tentang bagaimana menjadi trainer yang efektif dalam pendidikan guru madrasah. Saya sangat berterima kasih kepada Dr. Rosdiana atas pembimbingannya yang sangat berharga."
Pelatihan trainer dalam pendidikan guru madrasah ibtidaiyah di UIN Alauddin Makassar di bawah arahan Dr. Rosdiana M. Pd. menjadi langkah penting dalam mempersiapkan para pendidik untuk menghadapi tantangan pendidikan masa depan. Diharapkan bahwa melalui pelatihan ini, kualitas pengajaran di tingkat madrasah akan meningkat, menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna bagi para siswa.
Penulis: Priandi Dewa Raja
Editor: Fachri Fauzi